Sabtu, 07 April 2018

Bingung Iuran BPJS, Ketahui Prosedur Bayar BPJS yang Benar Berikut Ini!

Indonesia adalah negara dengan presentase penduduk terbesar nomor empat di dunia. Namun, ledakan penduduk yang terus meningkat tidak diiringi kesadaran masyarakat pada kesehata nyang baik. Banyak  orang ragu mempertimbangkan asuransi kesehatan demi masa depan yang lebih cerah. Oleh sebab itu, pemerintah mengeluarkan aturan seputar bayar BPJS demi mendukung masyarakat yang sadar pentingnya kesehatan sebagai investasi masa depan.



Ketahui siapa peserta BPJS beserta iuran yang wajib dibayarkan Pemerintah mendukung jaminan kesehatan setiap warga negara dengan mengeluarkan program BPJS kesehatan. Peserta BPJS sendiri terdiri dari peserta penerima bantuan iuran dari pemerintah yang dikhususkan untuk masyarakat miskin serta non peserta penerima bantuan iuran. Peserta non penerima upah yang ingin mendaftar BPJS pun bisa memilih kisaran iuran yang ditetapkan. Bagi peserta yang membayar 25 ribu rupiah akan mendapatkan pelayanan kesehatan di ruang kelas III, iuran 51 ribu rupiah mendapatkan pelayanan kelas II sedangkan iuran 80 ribu rupiah per bulan mendapatkan fasilitas kelas I. Bayar BPJS harus dilaksanakan maksimal tanggal 10 setiap bulan agar peserta tidak mendapatkan denda yang telah ditetapkan pemerintah.

Cara bayar BPJS yang sesuai prosedur yang benar

Kemudahan digitalisasi membuat semua peserta iuran BPJS bisa membayar dan mengecek tagihan lewat aplikasi online. Anda bisa mengecek tagihan dan denda yang mungkin harus dibayarkan lewat website resmi BPJS atau melalui SMS gateway ke nomor 0877 5500 400. Selain kemudahan melakukan pengecekan tarif tagihan, Anda juga bisa bayar BPJS dengan memilih beberapa cara berikut ini.

1. Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan

Datang saja secara langsung ke loket pembayaran yang tersedia di kantor BPJS kesehatan tiap daerah atau domisili Anda. Bayarkan tagihan setiap bulan pada petugas pelayanan di sana.

2. Melalui mesin ATM

Ada tiga bank yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan yakni bank BRI, BNI dan Mandiri sehingga Anda bisa membayarkan tagihan BPJS tiap bulan pada mesin ATM masing-masing.

3. Kantor pos

Anda juga bisa membayarkan iuran BPJS tiap bulan di kantor pos terdekat daripada antri di loket pembayaran kantor BPJS. Membayar tagihan di kantor pos bisa mempermudah seluruh lapisan masyarakat dalam mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah khususnya warga yang tinggal di pedesaan.

4. Alfamart atau Indomaret

Dua tempat belanja tersebut memang telah tersohor dan memiliki cabang daerah di seluruh Indonesia. Kini, Anda pun bisa membayarkan tagihan BPJS di kedua tempat tersebut sekaligus belanja bulanan. Lebih praktis dan tidak perlu datang ke loket pembayaran yang lain, bukan?

5. Loket pembayaran multitagihan atau menggunakan aplikasi online

Anda mungkin tipe orang yang tidak mau ribet alias lebih suka kepraktisan, bisa memilih membayar pembayaran multitagihan yang ada di sekitar. Pastikan bahwa loket pembayaran multitagihan tersebut memang menyediakan fasilitas pembayaran iuran BPJS. Tak hanya itu, Anda juga diuntungkan dengan keberadaan aplikasi online seperti internet banking, mobile banking, sms banking serta keberadaan fitur aplikasi online yang memudahkan pembayaran tanpa harus antri. Tinggal klik dari gadget, semua tagihan BPJS Anda terbayar lunas.

Beberapa metode bayar BPJS tersebut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Ada banyak manfaat terdaftar sebagai peserta BPJS yang bisa menjamin kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga yang lain. Pastikan Anda mendaftarkan diri ke kantor BPJS terdekat atau menggunakan jalur pendaftaran online.


EmoticonEmoticon