Sabtu, 30 Juni 2018

Cara Mengatasi Alergi Kulit karena Protein


Protein merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Protein sendiri mengandung banyak asam amino. Protein sangat berperan dalam kelangsungan tumbuh kembang manusia. Bahkan, protein juga bisa digunakan sebagai salah satu sumber energi ketika tubuh sudah tidak lagi memiliki cadangan karbohidrat dan lemak. Meskipun, ketika tubuh sudah mengambil protein sebagai sumber energi ini sudah masuk dalam suatu hal yang berbahaya. Karena beberapa fungsi lain akan terganggu jika protein digunakan sebagai sumber energi. Jadi, protein hanya bisa digunakan sebagai sumber energi dalam hal yang mendesak saja. Perannya yang paling penting yaitu dalam hal tumbuh dan berkembang.




Ada 2 jenis protein berdasarkan sumbernya. Yaitu protein nabati dan hewani. Protein nabati berasal dari tumbuhan sedangkan protein hewani berasal dari hewan. Kedua jeis protein tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Dan keduanya sangat dinajurkan untuk dikonsumsi. Antara protein nabati dan hewani memang harus seimbang. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mengkonsumsi dua jenis protein tersebut dengan seimbang. Apa alasannya? Karena ada sebagian orang yang memiliki riwayat alergi terhadap protein. Namun, yang menyebabkan alergi paling besar adalah protein hewani. Hanya sedikit orang yang mengalami alergi terhadap protein nabati. Karena mungkin kandungan asam aminonya lebih sederhana dibandingkan dengan protein hewani. Itu berarti mengetahui bagaimana cara mengobati alergi kulit yang muncul karena protein itu sangatlah penting. Agar setiap orang bisa melakukan penanganan dengan tepat dan juga tidak menambah hal yang lebih buruk lagi. Dengan ini, masyarakat juga harus menyadari bahwa alergi tidak boleh diremehkan karena bisa sampai membahayakan nyawa. 

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi alergi kulit yang disebabkan oleh protein, terlebih dahulu akan mengetahui lebih dalam lagi tentang alergi. Alergi merupakan suatu bentuk reaksi yang muncul ketika ada suatu zat yang masuk atau menyentuh tubuh kemudian dianggap sebagai ancaman. Zat tersebut dianggap berbahaya bagi tubuh. Kemudian, antibodi akan melakukan penyerangan kepada zat yang dianggapnya berbahaya. Nah, reaksi penyerangan dari antibodi inilah yang menimbulkan gejala alergi. Gejala alergi yang timbul akan sangatlah beragam. Mulai dari yang ringan sampai ke berat. Hampir semua alergi akan bersamaan dengan rasa gatal. Terkadang, banyak orang yang mengganggap bahwa gatal tersebut merupakan salah satu bagian dari gejala alergi. Padahal, gatal itu bisa timbul karena ruam yang berada pada kulit. Memang menghilangkan rasa gatal yang bersamaan dengan ruam di kulit bukan merupakan suatu hal yang mudah. Jika penanganannya tidak tepat, justru akan menimbulkan masalah yang lainnya lagi dan semakin membuat menderita. Terkadang juga gatal dan ruam tidak langsung muncul tetapi membutuhkan waktu setelah kulit tersebut terkena paparan alergen yang akan memicu timbulnya alergi. 

Beberapa cara mengatasi alergi kulit yang bisa dilakukan pertama adalah sebisa mungkin menghindari untuk menggaruk bagian yang gatal. Apalagi jika kuku di tangan anda panjang nantinya akan menimbulkan luka baru. Meskipun kuku anda sudah setiap hari dibersihkan, pasti tetap ada bakteri yang menempel. Jadi ketika menggaruh kulit dengan kuku tersebut kemungkinannya sangat besar bakteri bisa menempel pada kulit kemudian berkembangbiak menjadi lebih banyak lagi. Nah, jika memang anda tidak pernah bisa menaan rasa gatal yang timbul akibat alergi, lebih baik selalu gunting kuku anda secara teratur. Lalu, siapkan juga antihistamin. Apa antihistamin itu? Antihistamin adalah suatu obat oles yang bisa meredakan rasa gatal pada bagian yang terkena alergi. Obat ini aman dan tepat digunakan dibandingkan harus mengkonsumsi obat yang diminum. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsi obat yang diminum bisa menyebabkan gangguan ginjal dan juga gangguan yang lainnya. Bahkan, apabila terlalu banyak anda bisa mengalami overdosis. Cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan es batu. Siapkan es batu dan kompreskan pada bagian yang ruam dan gatal. Dengan begitu, rasa gatal yang anda rasakan sedikit demi sedikit akan berkurang. Bahkan, besar kemungkinan tidak terjadi luka akibat garukan. Ini lebih dianjurkan daripada anda harus menggaruk kulit. Kemudian, cara yang paling penting adalah menghindari suatu hal yang akan menimbulkan alergi di tubuh anda. Ini adalah hal yang wajib dilakukan kalian yang memiliki alergi terhadap suatu zat seperti protein hewani. Karena jika tidak, maka alergi bisa terjadi secara terus menerus. Jika memang anda memiliki alergi terhadap protein hewani, maka bisa menggantinya dengan protein nabati. Tetapi, anda perlu mencoba protein hewani jenis apakah yang menimbulkan alergi. Apakah jenis unggas, seafood, atau yang lainnya. Tujuannya agar tubuh tetap bisa mendapatkan asupan protein hewani. Karena protein hewani sangatlah penting bagi tubuh. Kekurangan protein pun bisa menimbulkan penyakit. 



EmoticonEmoticon