Kamis, 22 November 2018

Print Kaos : Jenis Bahan yang Bisa di-Print DTG

Print kaos kini menjadi semakin mudah karena ada teknologi mesin printer DTG. Dulu, kita mengenal teknik sablon untuk membuat kaos bergambar. Sekarang, metode sablon dinilai sudah terlalu kuno. Metode ini bisa memakan lebih banyak waktu dan alat yang dibutuhkan juga tidak simpel. Selain itu, cara untuk melakukan sablon manual juga tergolong sulit dan dibutuhkan orang yang benar-benar sudah terlatih.

Memangnya apa itu DTG? DTG merupakan kependekan dari direct to garment. Artinya, printer DTG akan langsung mencetak gambar di kaos yang Anda miliki. Anda tidak membutuhkan bahan sebagai perantara. Gambar atau desain yang Anda buat bisa langsung ditransfer di kain. Hasil cetakan dari metode DTG juga sangat bagus dan berkualitas, terlebih lagi hasil gambarnya bisa bertahan awet atau tahan lama



Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba membuat baju atau kaos printing dengan metode DTG, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah jenis kain yang akan di-print. Metode DTG bisa dilakukan pada jenis kain tertentu, apa saja itu?

Jenis Kain untuk Di-print DTG

Print kaos DTG memang merupakan metode baru. Namun meskipun begitu sudah banyak orang yang ingin melakukan print kaos dengan mesin printer DTG. Agar hasil gambar bisa lebih berkualitas, Anda harus menggunakan bahan yang tepat. Berikut adalah beberapa jenis kain yang cocok untuk dicetak menggunakan metode DTG :

1. Cotton Combed

Kain cotton combed merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas yang alami. Cotton combed menjadi pilihan bahan terbaik untuk dicetak memakai printer DTG. Selain itu, jenis kain ini juga sangat nyaman untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

2. Cotton Bambu

Cotton bambu merupakan jenis kain yang menggunakan serat bambu alami. Kain ini sangat nyaman untuk dipakai karena bisa menyerap keringat dengan baik dan bersifat anti-bakteri. 

3. Cotton Carded

Cotton carded merupakan jenis kain yang diproses dengan cara digaruk atau carded. Jenis kain ini juga sangat mudah untuk di-print DTG. Untuk sifat kainnya, kain cotton carded memiliki banyak kemiripan sifat dengan kain cotton combed.

4. Cotton Jepang

Cotton Jepang memiliki kualitas yang sangat bagus. Permukaan bahan cotton Jepang lebih halus jika dibandingkan dengan jenis kainnya. Karena itulah kain cotton Jepang ini banyak dicari karena memang kain ini sangat nyaman untuk dipakai di kegiatan sehari-hari.

Itulah tadi beberapa jenis bahan atau kain yang bisa di-print menggunakan teknologi printer DTG. Print kaos DTG akan menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin print kaos dan menghasilkan kaos dengan kualitas gambar yang tinggi. Metode printing DTG memang bisa menghasilkan gambar yang bagus dan jelas, ditambah lagi biaya untuk melakukan printing DTG cukup terjangkau.

1 komentar


EmoticonEmoticon