Senin, 31 Desember 2018

7 Cara Mengajarkan Anak Membaca Yang Menyenangkan Dan Tidak Membosankan

Cara mengajarkan anak membaca itu setiap orang tua berbeda-beda. Namun terlepas dari itu, mengajarkan anak membaca adalah salah satu hal yang harus di terapkan kepada anak sejak usia sangat dini. Karena membaca merupakan kemampuan akademis dan syarat yang harus sudah dimiliki oleh seorang anak begitu mereka memasuki usia sekolah. Sebagian orang tua mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengajari atau tidak mengerti cara mengajarkan anak membaca, karena tidaklah semudah yang dibayangkan. Dan pastinya sebagai orangtua, Mum dituntut untuk mengetahui cara mengajari anak membaca yang tepat dan efisien.




Mam pun harus mengetahui cara mengajarkan anak membaca yang tepat untuk membuat anak agar merasa nyaman sehingga mereka tidak mudah bosan atau bahkan takut ketika belajar membaca. Dan saat mengajari anak membaca Mam pastinya membutuhkan metode dan teknik tersendiri agar proses belajar membaca anak sampai dia mahir tidak membutuhkan waktu yang lama. Disinilah orangtua memiliki peranan yang penting saat mengajar dan mendidik anak termasuk mengajari anak belajar membaca. Dan berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Mam atau anggota keluarga lain lakukan untuk mengajari anak membaca dengan menyenangkan dan tidak membosankan.

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Menyenangkan Dan Tidak Membosankan

1. Bernyanyi sambil membaca

Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan bermain yang paling disukai oleh anak-anak. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila Mam mengeluarkan budget yang lumayan untuk membelikan anak video bernyanyi sambil membaca, yang dapat dilakukan bersama-sama. Dengan bernyanyi bersama-sama anak akan merasa gembira karena suasana yang ramai serta menyenangkan, bahkan mereka tidak menyadari bahwa Mam sedang mengajarinya membaca.

2. Bercerita didepan dan mengenalkan huruf

Bercerita juga dapat menjadi satu cara untuk Mam mengajari anak membaca, sebagian besar anak-anak sangat senang mendengarkan cerita. Apalagi bila buku tersebut berkisah tentang tokoh yang disenangi oleh anak. Dan saat mereka fokus mendengarkan cerita, jangan lupa untuk mengajak mereka membaca serta. Beritahu anak mengenai isi cerita dan bagaimana cerita tersebut berakhir, pelan-pelan namun kenyataannya cara ini mampu meningkatkan minat baca anak.

3. Jadilah contoh yang baik untuk anak

Anak adalah seorang peniru yang hebat, apa yang dilakukan atau menjadi aktifitas orangtua akan mereka tiru. Oleh karena itu bila Mam serius ingin mengajarkan anak membaca, sebaiknya keluarga pun memperlihatkan ketertarikan untuk membaca. Dan jadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari, dengan demikian anak akan meniru dan tertarik untuk belajar dengan meniru kebiasaan keluarga di rumah. 

4. Memberikan pertanyaan atas apa yang anak baca

Mengajukan pertanyaan tersebut memiliki tujuan untuk mengetahi dan mengukur tingkat pemahaman terhadap apa yang anak baca. Jadi Anda tidak hanya tahu tingkatan membaca anak, dan tidak hanya sekedar belajar membaca tetapi juga sudah memahmi isi buku yang mereka baca.

5. Rutin mengajari anak membaca

Tidak ada salahnya sebagai orangtua Anda menemani anak untuk belajar membaca setiap harinya. Hal tersebut memiliki tujuan agar proses belajar membaca anak anda lebih efektif dan cepat sehingga secara tidak langsung anak memiliki minat membaca yang kuat sepanjang hari.

6. Belajar membaca dengan media gadget

Saat ini cara mengari anak belajar membaca tidak hanya dilakukan dengan mengunakan buku, tetapi ada banyak media yang dapat digunakan, misalnya media elektronik. Satu kelebihan dari gadget adalah karena memiliki banyak aplikasi untuk belajar membaca yang membuat anak tidak bosan dengan kegiatan membaca. Dan manfaat lainnya adalah anak juga akan belajar mengenai teknologi. Tetapi ingat untuk selalu memberikan pendampingan agar minat membaca tidak terkalahkan dengan aplikasi lainnya yang lebih menyenangkan.

7. Berikan pujian untuk usahanya belajar membaca

Anak-anak sangat senang bila dipuji dan diberikan apresiasi atas kerja kerasnya belajar membaca. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk memberikan apresiasi tersebut agar anak semakin semangat untuk belajar. Jangan berhenti memberikan pujian atau apresiasi begitupun saat anak sudah mulai pandai membaca kata (membaca awal) dan membaca fasih (lancar).

Demikianlah 7 cara mengajarkan anak membaca yang dapat Anda lakukan di rumah Mam, semoga cara-cara tersebut memberikan manfaat dan menjadi solusi yang tepat dalam mengajari anak membaca.





EmoticonEmoticon