Sabtu, 26 Januari 2019

Tips dan Trik yang Perlu Dilakukan Ketika Membeli Laptop Bekas

Laptop adalah salah satu perangkat penting yang harus dimiliki semua orang. Jika Anda bekerja di perkantoran atau masih sekolah, pasti memerlukan perangkat yang satu ini. Tetapi, terkadang budget yang tidak seberapa bisa menghalangi keinginan untuk membeli laptop baru. 


Inilah mengapa banyak yang membeli laptop bekas. Banyak sekali yang menawarkan laptop tersebut, ada yang masih bagus dan ada yang sudah mulai rusak. Anda sebagai konsumen harus jeli dalam memilih laptop yang akan dibeli. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih laptop bekas yang berkualitas. 

1. Hindari membeli perangkat secara online

Membeli secara online seharusnya dihindari. Karena yang dijajakan secara online biasanya tidak bisa dicek secara langsung. Jika terpaksa membeli secara online, pastikan penjual berdomisili di sekitar wilayah kota Anda. Hal itu agar Anda bisa mengecek gadget yang akan dibeli. Jika tidak, beli dari situs jual beli yang sudah terkenal dengan keamanannya.

2. Periksa keadaan barang

Laptop yang akan dibeli perlengkapannya harus lengkap. Perlengkapan seperti box, nota pembelian, kartu garansi, CD/DVD driver, charger, baterai harus lengkap. Mempunyai box dan nota pembelian yang disertakan dengan gadget ini bisa menandakan penjual bukan pencuri. Pastikan serial number pada perangkat dan box sama agar lebih yakin lagi. Mengecek kelengkapan juga berguna jika Anda ingin menjual barang tersebut.

3. Periksa kondisi segel pada casing

Periksa segel yang berada di bagian bawah casing dan bagian atas layar gadget. Segel ini digunakan untuk menandakan barang tadi belum pernah dibuka, itulah sebabnya segel ditaruh di atas baut-bautnya. 
Jika segel sudah dibuka atau segelnya sudah berlapis 2 atau 3, bisa jadi perangkat tersebut sudah diservis. Jika hal itu telah terjadi, tanyakan servis apa yang telah dilakukan sebelum membeli.

4. Periksa kondisi casing dan layar

Teliti kondisi casing dan cek apakah ada lecet, atau retak pada bagian casing. Jika lecet sedikit tidak apa-apa, tetapi jika pada bagian bodi terdapat retakan, bisa jadi terdapat kerusakan pada bagian dalamnya kemungkinan akibat terinjak atau jatuh. Layar juga harus diperiksa. Jika layar buram, berbinti- bintik, ada dead pixel, layar kemungkinan sudah mulai rusak.

5. Periksa keyboard

Keyboard yang kualitasnya bagus adalah sebuah keharusan agar perangkat bisa bekerja dengan baik. jika Anda ingin membeli gadget bekas yang bagus, cek satu-satu tombol pada keyboard pada Notepad atau Microsoft Word. Cek juga tombol lain seperti touchpad, F1, F2, tombol power, dan lain-lain.

6. Periksa speaker dan port sound

Speaker dan port sound yang rusak akan menghilangkan fungsi penting dari gadget ini, yaitu menonton film dan bermain game. Cek speaker dan port sound sebelum membeli perangkat bekas.

7. Periksa Hard disk

Anda bisa menggunakan aplikasi hdd sentinel untuk mengecek apakah hardisk gadget yang akan dibeli masih bekerja dengan baik. Hardisk rusak akan membuat laptop tidak bekerja.

8. Periksa RAM

Aplikasi memtest 86+ bisa digunakan untuk mengecek kinerja RAM pada gadget ini. RAM yang mulai bermasalah akan membuatnya menjadi lebih mudah Hang.

9. Jalankan game

Salah satu cara yang lebih mudah saat mengecek performa laptop adalah menjalankan game. Perangkat ini seharusnya dengan mudah menjalankan game yang spesifikasinya cocok. Jika selama 30 menit tidak ada masalah, kemungkinan yang Anda beli memang berkualitas.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda coba sebelum membeli laptop bekas. Dengan mencoba beberapa tips di atas, tentunya tidak akan membuat Anda menyesal karena salah dalam membeli gadget tersebut. 




EmoticonEmoticon