Selasa, 26 Februari 2019

3 Kamera Belakang, Samsung Galaxy A7 Jadi Andalan


Tidak ada bosen-bosen nya Samsung membuat gebrakan pada ponselnya. Setelah sukses dengan Samsung Galaxy Note 9 yang rilis ke pasaran beberapa waktu yang lalu, Samsung kini kembali menghadirkan smartphone Android untuk kelas entry level, yakni Samsung A7.

Samsung Galaxy A7 2018 ini termasuk kedalam line-up Samsung Galaxy A series, ponsel ini bisa dibilang satu tingkat di bawah Samsung Galaxy S series. Hadirnya ponsel ini cukup menghebohkan dunia gadget, pasalnya smartphone ini merupakan ponsel pertama dari Samsung yang memiliki tiga kamera utama.


Karena dibanggakan di kelasnya, mati kita ulas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A7 beserta spesifikasi lengkapnya

Kelebihan Samsung Galaxy A7 2018

1. Desain mewah dan Material Premium
Samsung Galaxy A7 2018 hadir dengan balutan plastik polycarbonat yang terlihat premium dan desain elegan khas ponsel flagship dengan balutan frame alumunium.

Perpaduan material tersebut membuat ponsel ini tampil menjadi lebih indah dan kokoh. Kemewahan ini nyaris sempurna dengan adanya perlindungan kaca Gorilla Glass, sehingga tidak perlu khawatir layar ponsel ini dari goresan dan benturan.

2. Smartphone Pertama Samsung dengan Tiga Kamera Belakang
Dari beberapa varian ponsel Samsung, ternyata Galaxy A7 ini merupakan ponsel pertama Samsung yang memiliki 3 buah kamera utama. Meskipun di dunia industri smartphone ponsel ini bukan yang pertama, namun masih sangat jarang smartphone yang mempunyai tiga buah kamera sekaligus di belakangnya.

3. Fingerprint di samping
Peletakan ini mengingatkan saya pada ponsel Sony Xperia seri Z 5 ke atas, dimana fingerprint Unlock berada di samping. Saat ini memang tidak banyak ponsel dengan desain begini, namun Samsung ini memulainya.

Ternyata selain untuk membuka akses ke perangkat, sensor fingerprint ini juga dapat digunakan untuk membuka kamera dan membuka notifikasi dan membuka aplikasi kamera secara cepat dan praktis.

4. Penyimpanan Besar
Nah bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar, Samsung Galaxy A7 2018 bisa bisa menjadi pilihan. Ponsel ini hadir dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar, yakni 64GB dengan 4GB RAM dan 128GB dengan 4/6 GB RAM.

Masih belum puas juga dengan Kapasitas tersebut, Anda masih diberikan peluang oleh Samsung dengan disediakannya microSD hingga 512 GB. Hebat bukan. Top buat Samsung Galaxy A7.

5. Harga Lebih Terjangkau
Ternyata dengan kelebihan-kelebihan di atas, ponsel ini dibanderol dengan harga murah. Ternyata harga ini lebih murah bila dibandingkan versi sebelumnya. Harga Galaxy A7 2018 mulai dari Rp 4,5 juta untuk versi terendahnya.

Kekurangan Samsung Galaxy A7 2018

1. Tidak Ada Lensa Telephoto
Sayang seribu sayang, walaupun kamera berjejer 3 tidak disertai dengan lensa telephoto. Mubazir tidak juga, pasalnya gambar yang dihasilkan masih bisa diandalkan. Latar belakang bokeh yang cukuplah menurut saya.

2. Kapasitas Baterai Kurang besar
Samsung Galaxy A7 2018 hanya membawa kapasitas baterai sebesar 3.300 mAh saja, terbilang standar untuk smartphone rilisan  di tahun 2018. Pasalnya ponsel-ponsel 2018 sudah berlomba-lomba menyematkan baterai 4000-5000 mAh. Kapasitas ini sedikit menurun dari versi sebelumnya, yakni 3.600 mAh.

3. Tanpa USB Type-C
Lagi-lagi, Samsung Galaxy A7 2018 mengalami penurunan. Kali ini dari segmen port charger. Pasalnya, jajaran Samsung Galaxy A series, seperti Samsung Galaxy A3 2017, Samsung Galaxy A5 2017 dan Samsung Galaxy A7 2017 sudah menggunakan teknologi USB Type-C.

4. Tidak Tahan Air dan Debu
Fitur yang hadir pada versi sebelumnya juga absen lagi pada Samsung Galaxy A7 2018, yakni sertifikasi ketahanan air dan debu IP68. Memang sangat disayangkan fitur ini tidak dihadirkan untuk ponsel ini mengingat harganya masih tinggi.

Karena tidak adanya fitur ini, maka Anda harus lebih hati-hati dalam penggunaan Samsung Galaxy A7 2018 saat dekat dengan Air dan debu.

5. Absen dukungan Wireless Charging
2018 banyak ponsel dengan dukungan fitur ini. Namun tidak untuk Galaxy A7 2018 ini. Mungkin saya rasa akan hadir pada varian yang akan dagang. Namun, hadirnya fitur ini tentu memberikan kemudahan untuk melakukan pengisian daya lebih praktis menggunakan wireless charger.

Sebenarnya tidak terlalu masalah dengan tidak hadirnya fitur ini. Namun akan menambah kesan premium pada ponsel ini jika dihadirkan fitur ini. Demikian kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A7 2018 yang singkat ini. Mudah-mudahan menjadi bahan pertimbangan Anda sesaat sebelum membeli ponsel ini. Terimakasih.


EmoticonEmoticon