Sabtu, 06 April 2019

Bengkel Online : Mengganti Ban Mobil Ternyata Bisa Anda Lakukan Sendiri, Begini Caranya

Merawat mobil sudah menjadi keharusan bagi para pemilik kendaraan roda empat ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu mengganti minyak atau oli, mengecek jarak tempuh mobil, mengecek fungsi AC, dan masih banyak lagi. Tentu hal tersebut harus menyita uang dan waktu, apalagi jika banyak komponen yang rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Beruntungnya kini sudah ada bengkel online yang siap membantu Anda.


Ban mobil menjadi salah satu komponen yang amat penting. Namun, seiring dengan intensitas pemakaiannya yang terbilang sering, maka ban mobil pun kerap kali mengalami kerusakan. Tak jarang banyak pengemudi mobil yang mengalami kecelakaan karena tidak memperhatikan komponen yang satu ini. Ban bisa tiba-tiba meletus lalu mobil menjadi oleng dan tidak terkendali.

Maka dari itu, jika tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka mengganti ban mobil yang sudah rusak sangat diperlukan. Jika Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk pergi ke bengkel, maka Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut adalah tipsnya:

1. Tepikan mobil dan beri tanda peringatan
Jika Anda sedang berada di perjalanan, maka hal ini harus dilakukan. Tepikan mobil terlebh dahulu agar situasi menjadi aman. Beri tanda peringatan bahwa mobil Anda sedang akan melakukan perbaikan. 

2. Menyiapkan peralatan untuk mengganti ban mobil
Setelah menepikan mobil, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan perlatan untuk mengganti ban mobil yaitu dongkrak mobil, kunci roda, obeng, dan ban cadangan. Penting untuk Anda agar selalu menyimpan alat-alat ini di dalam mobil.

3. Pakai kunci roda untuk mengendurkan baut mobil

Langkah yang ketiga yatu lepaskan dulu penutup baut dengan obeng, lalu gunakan kunci roda untuk memutar baut kea rah berlawanan jarum jam. Agar prosesnya lebih cepat, Anda bisa mengendurkan baut ban mobil yang saling bersebrangan.

4. Gunakan dongkrak untuk mengangkat mobil
Cara menggunakan dongkrak yaitu memasangnya di dekat ban yang akan diganti. Pastikan dongkrak dalam posisi tegak lurus. Memang akan sedikit kesulitan jika belum pernah melakukan sebelumnya, inilah mengapa bengkel online jadi alternatifnya.

5. Membuka baut ban mobil yang rusak atau bocor
Jika sudah terangkat, maka bukalah baut ban mobil sampai terlepas secara keseluruhan. Letakan posisi ban dengan posisi tertidur agar tidak menggelinding.

6. Memasang ban mobil cadangan
Cara memasang ban mobil cadangan yaitu dengan memasukannya secara perlahan dan sedikit digoyangkan. Jika sudah terpasang, maka Anda tinggal memasang baut dengan cara yang sama seperti ketika mengendurkan baut mobil. Lakukan secara bersebrangan.

7. Menurunkan dongkrak dan mengencangkan baut
Pastikan Anda menurunkan dongkrak secara perlahan-lahan. Jika ban mobil sudah menyentuh tanah, Anda tinggal mengencangkan baut satu persatu.

Itulah beberapa tips dalam memasang ban mobil yang bisa Anda lakukan sendiri. Jika masih merasa kerepotan, Anda bisa memanggil bengkel online untuk hasil service yang lebih maksimal dengan pelayanan yang ramah.


EmoticonEmoticon