Sabtu, 18 Mei 2019

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Apartemen di Jakarta

Apartemen merupakan suatu bangunan hunian yang dapat kita temui pada kota-kota besar. Hunian apartemen menawarkan berbagai macam fasilitas yang berkualitas dan kenyamanan bagi siapa saja yang menempatinya. Selain itu, info mengenai iklan apartemen dijual ataupun sewa sangat mudah sekali ditemui baik pada media cetak ataupun pada platform online. 


Salah satu tempat yang sangat prospektif untuk investasi apartemen adalah Jakarta. Statusnya sebagai ibu kota membuat lokasi ini banyak dikunjungi pendatang dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi apartemen yang selanjutnya bisa Anda sewakan atau huni, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Apartemen

1. Legalitas Bangunan

Hal pertama dan paling utama adalah berkaitan dengan legalitas bangunan. Ketika sudah merasa cocok atau tertarik dengan salah satu apartemen, tanyakan kelengkapan-kelengkapan dari bangunan tersebut, seperti HGB (Hak Guna Bangunan), surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan), surat izin prinsip, dan SIPPT (Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah).

2. Rekam Jejak Developer

Selanjutnya, pelajari juga tentang rekam jejak developer apartemen yang Anda minati. Ketika membeli apartemen, Anda 100% bergantung pada seorang developer. Jangan sampai karena lupa atau tidak mempelajari rekam jejak developer, apartemen yang Anda beli menjadi terlantar. Untuk mengetahui rekam jejak dan kredibilitas developer, Anda bisa mencari tahu di Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia.

3. Banyak Pilihan

Setidaknya ketika hendak membeli apartemen, milikilah minimal 3 calon apartemen Anda. Dengan memiliki banyak pilihan, Anda dapat membandingkan antara apartemen satu dengan apartemen yang lainnya. Hal yang bisa Anda bandingkan antara lain harga, lokasi, fasilitas, dan prospek ke depan jika Anda bertujuan untuk investasi. Anda dapat mencari iklan apartemen dijual melalui surat kabar atau internet.

4. Lokasi

Masih berhubungan dengan nomor 3, lakukan survei lokasi untuk memantau secara langsung calon apartemen Anda. Perhitungkan pula jarak apartemen tersebut dari tempat-tempat penting. Bila di Jakarta, pastikan tempat yang Anda sasar, apakah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, atau daerah lain. Salah satu kesalahan lokasi adalah seorang yang bekerja di Jakarta Pusat, namun malah membeli di Bekasi.

5. Usia Bangunan

Usia bangunan juga harus diperhatikan. Pastikan apartemen yang hendak Anda beli memiliki umur yang masih relatif muda. Memilih bangunan yang sudah terlalu tua akan berpotensi memaksa Anda mengeluarkan uang ekstra untuk melakukan perawatan dan perbaikan.

6. Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung juga salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika sedang mencari apartemen. Perhatikan apakah di dekat apartemen tersebut dekat dengan sekolah, kampus, perkantoran, kantor polisi, halte, rumah sakit, stasiun, atau pusat perbelanjaan. Apartemen dengan banyak fasilitas pendukung di dekatnya akan berpotensi memiliki harga tinggi untuk disewakan.

7. Keamanan

Akan sia-sia apabila apartemen yang ditunjang dengan fasilitas-fasilitas bagus, namun memiliki nilai buruk dari segi keamanannya. Keamanan adalah hal mutlak yang harus dimiliki. Cari tahu bagaimana calon apartemen mendapat penjagaan, apakah terdapat petugas keamanan atau CCTV yang terpasang di setiap sudut.

8. Tempat Parkir

Apartemen dengan tempat parkir yang kecil akan merepotkan apabila terdapat banyak pengunjung yang menggunakan mobil. Hal ini dapat mengakibatkan mobil parkir di jalan dan mengganggu pengguna jalan yang lain. Untuk itu, perhatikan pula tempat parkir yang disediakan. Pastikan setidaknya tempat parkir memiliki ruang untuk 3 buah mobil.

9. Rincian Biaya

Setelah memastikan beberapa hal di atas sudah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah meminta informasi dari developer mengenai rincian biaya, apakah ada biaya perawatan atau biaya lainnya dari apartemen tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memperhitungkan berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli kesatuan apartemen secara penuh.

Jika Anda mencari apartemen untuk pribadi, pastikan biaya apa saja yang perlu dibayarkan. Hal ini akan mengurangi risiko Anda mengeluarkan biaya tambahan di akhir atau tengah masa penyewaan. Apabila Anda mencari apartemen untuk investasi, lakukan perhitungan secara detail mengenai potensi keuntungan dengan biaya yang ditetapkan oleh developer.

10. Siapkan Dana

Dengan mengetahui rincian biaya-biaya yang harus dibayarkan, Anda kini perlu menyiapkan dana sejumlah uang tersebut. Jika memang berniat untuk investasi, Anda bisa mengajukan peminjaman dari bank dan melunasinya dari cicilan si penyewa apartemen. Apabila proposal Anda kepada bank diterima, investasi properti ini sudah siap untuk dijalankan.

Mencari apartemen di daerah Jakarta bisa dikatakan gampang-gampang susah. Disebut gampang karena daerah tersebut merupakan ibukota negara, maka akan banyak fasilitas yang diberikan dan banyak pengunjung yang datang. Dikatakan susah karena untuk mencari apartemen yang benar-benar prospektif dan berkualitas, diperlukan kemampuan dan pengetahuan yang lebih. Dengan tips di atas semoga dapat menjadi bekal Anda untuk mencari apartemen.


EmoticonEmoticon