Sehat Bersama SehatQ.com, Inilah 5 Penyakit yang Paling Sering Muncul Saat Musim Hujan

Sedia payung sebelum hujan. Jaga kesehatan sebelum sakit menyerang. Banyak penyakit yang muncul seiring datangnya musim hujan. Meskipun konsultasi kesehatab dengan dokter melalui aplikasi SehatQ.com sudah semakin mudah, Anda tetap harus waspada.


Penyakit yang Sering Muncul Saat Musim Hujan

Berikut ini ada 5 penyakit yang paling sering muncul ketika musim hujan datang. Yuk, kenali gejalanya dan hindari penyebabnya.

1. Flu

Penyakit flu merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh orang Indonesia ketika musim hujan datang. Flu disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, dan C. Penderita penyakit flu biasanya mengalami gejala batuk, pilek, dan bersin-bersin.

Jika Anda berada di dekat dengan orang yang mengalami gejala tersebut, Anda sebaiknya tidak melakukan kontak secara langsung. Virus influenza bisa menyebar melalui kontak dengan benda yang sudah terkontaminasi dan juga melalui udara setelah penderita mengalami flu bersin atau batuk.

Penyakit flu sudah dianggap lumrah oleh masyarakat Indonesia. Meskipun penyakit ini bisa sembuh dengan mudah, tapi juga bisa menyebabkan komplikasi. Jika tidak kunjung sembuh dan tidak tertangani dengan baik, penderita bisa mengalami pneumonia.

2. Tifus

Penyakit tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella. Penyakit ini bisa menular melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri ini. Gejala penyakit tifus ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, dan disertai dengan sakit perut dan diare.

Tifus bisa berbahaya jika tidak segera ditangani dengan baik. Penderita akan mengalami komplikasi, seperti pneumonia, gagal ginjal, hingga yang paling parah kematian. Untuk itu, jika Anda mengalami gejala yang mirip dengan gejala penyakit tifus, sebaiknya segera periksakan. Anda bisa membuat janji temu dengan dokter untuk memeriksakan kondisi Anda melalui aplikasi SehatQ atau laman SehatQ.com

3. Diare

Yang ketiga adalah diare. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri rotavirus, shigella, E. coli, cryptosporidium, dan kawan-kawannya. Diare bisa sembuh dengan mengkonsumsi larutan gula garam atau dengan mengkonsumsi obat. Jika tidak ditangani atau dibiarkan begitu saja, diare bisa menjadi berbahaya dan membahayakan nyawa karena akan membuat penderitanya kekurangan cairan.

4. DBD

Demam Berdarah Dengue atau DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini berkembang biak dengan baik saat di musim hujan, terutama di tempat-tempat yang ada genangan airnya.

Penyakit DBD ditAndai dengan demam tinggi, muncul bercak-bercak merah pada kulit, nyeri otot serta tulang yang dirasakan oleh penderitanya. DBD bisa sembuh jika pasien mendapatkan pertolongan yang tepat. Jika terlambat, akibatnya bisa fatal. Penderita bisa mengalami pendarahan hingga meninggal dunia.

5. Leptospirosis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans ini biasa dikenal dengan penyakit kencing tikus. Leptospirosis bisa menyerang manusia melalui kontak langsung dengan tanah, air, tanah basah, atau tanaman yang terkontaminasi oleh urine tikus yang terinfeksi oleh bakteri ini.

Gejala penyakit ini antara lain demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit perut. Jika Anda mengalami gejala tersebut, Anda bisa langsung membuka aplikasi SehatQ.com untuk membuat janji dengan dokter guna pemeriksaan lebih lanjut terkait kondisi yang Anda alami.

Demikian 5 penyakit yang sering muncul saat musim hujan. Agar terhindar dari penyakit-penyakit, biasakan hidup sehat dengan pola makan teratur, olahraga, dan istirahat cukup. Untuk mencari tahu tips berguna seputar kesehatan, Anda bisa mengunjungi laman SehatQ.com. Laman ini menyediakan berbagai informasi mulai dari pola hidup sehat, artikel tentang penyakit, hingga prosedur tes narkoba.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini